Review Drama Signal (2016)

Review Signal (2016), Drama dari kasus Nyata

Review Drama Signal (2016) – Signal merupakan drama dengan tema kepolisian yang ditayangkan oleh tvN pada tahun 2016. Meskipun drama ini tayang di channel TV kabel alias berbayar, serial drama ini menuai banyak pujian dari publik karena storyline-nya yang unik. Saking populernya, Signal sempat menjadi drama TV kabel dengan rating tertinggi pada saat itu.

Sinopsis :

Kisah dari drama Signal dimulai dari Park Hae Young (Lee Je-Hoon) seorang letnan kepolisian slot thailand yang ahli dibidang criminal profiler. Meskipun Hae Young bekerja untuk kepolisian, namun sebenarnya ia sangat tidak mempercayai polisi, karena trauma masa lalunya. Saat ia masih kecil, temannya yang bernama Yoon Jung menjadi korban penculikan dan tak lama ia ditemukan tewas. Hae Young kecil melihat Yoon Jung dijemput oleh seorang wanita asing di hari Yoon Jung dikabarkan menghilang. Namun, kepolisian justru menduga bahwa seorang pria lah yang menculik temannya.

Hae Young kecil yang mengetahui fakta bahwa temannya diculik oleh seorang wanita melaporkan testimoninya kepada polisi. Namun, sayangnya polisi tidak mengindahkan kesaksiannya. Dan pada akhirnya kasus penculikan dan pembunuhannya temannya masih menjadi misteri. Di tahun 2015, tepat beberapa hari sebelum undang-undang pembatasan investigasi kasus berakhir, Hae Young bertemu dengan seorang reporter untuk membeberkan skandal selebritis pada mereka. Namun, seorang detektif bernama Cha Soo-Hyun (Kim Hye-Soo) mendengar percakapan tersebut dan menyeret Hae-Yong ke kantor polisi atas tuduhan penguntitan.

Based on Real Cases

Kasus-kasus dingin yang diangkat di drama ini merupakan adaptasi dari kasus-kasus nyata. Kasus penculikan dan pembunuhan yang disinggung di sinopsis berdasarkan kasus penculikan yang terjadi pada tahun 1997 yaitu “Park Chorong Bitnari Kidnapping-Murder Case”. Lalu, Signal juga mengangkat kasus pembunuhan berantai paling menggegerkan di Korea Selatan yaitu “Hwaseong Serial Murder”. Pelaku diduga memperkosa dan membunuh setidaknya 10 wanita yang dimulai dari tahun 1986 hingga 5 tahun setelahnya.

Baca Juga : Sinopsis Drama Korea My Love From The Star

Dikarenakan belum berkembangnya teknologi investigasi dari kepolisian pada saat itu, pelaku masih belum terungkap. Hingga di akhir tahun 2019, akhirnya dalang pelaku pembunuhan berantai tersebut sudah ditemukan. Di episode lainnya Signal juga mengadaptasi kasus pemerkosaan yang terjadi di Miryang pada tahun 2004 yang disebut “Miryang Gang Rape Case”. Kasus pemerkosaan ini melibatkan beberapa siswi SMP dan SMA yang diperkosa oleh 41 siswa sekolah. Ironisnya para korban pemerkosaan inilah yang disalahkan neko slot dan orangtua pelaku berkata bahwa perlakuan para korbanlah yang menyebabkan kasus ini terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *